Rabu, 07 April 2010

KIMCIL adalah mereka yg menyebutnya

Entah sp yg bwt istilah itu, yg jelas tidak ada definisi yg jelas tentang KIMCIL, tidak ada kepanjangan yg jelas, tidak ada kriteria yg jelas dan tidak ada batasan yg jelas untuk membedakan antara kimcil dan bukan. Istilah kimcil sungguh mengandung arti sangat abstrak, dan hanya satu yg jelas..bahwa kimcil adalah sebutan utk ABG cewek. Kimcil sering diartikan sebagai sesuatu yg negatif oleh banyak orang, mereka yg dianggap kimcil (ABG cewek) hanya dipandang sbg objek, hanya dianggap sebagai sesuatu yg pantas dimiliki bahkan diperlakukan seperti sebuah barang, atau bahkan mainan. Mereka hanya dianggap hiasan dalam dunia scene musik indie dan pantas utk diperebutkan layaknya hasil bumi yg menjadi jarahan massa dlm “Grebegan” (adat kebiasan di alun-alun Kraton Yogyakarta setiap waktu tertentu).

Sebagian orang (wanita) yg menganggap miring ttg kimcil bahkan tidak mau sedikitpun utk dipanggil atau sekedar disamakan dgn kimcil, trus apa salah kimcil? Hingga para wanita terlalu jijik utk dianggap sama seperti mereka (kimcil), kimcil adalah makhluk yg sangat hina di mata mereka. Kalo diruntut balik ke awal, anda akan bisa melihat siapa yg salah.. siapa yg mendeskripsikan bahwa ABG cewek adalah kimcil? Siapa yg mengartikan bahwa ABG cewek (mereka menyebut dgn “kimcil”) itu negatif? Jawabannya adalah mereka sendiri, mereka mendeskripsikan ABG cewek sebagai “kimcil”, dan mereka jugalah yg mengartikan negatif tentang kimcil itu (walaupun memang ada beberapa ABG cewek yg merelakan dirinya sbg objek/barang).

Beberapa orang yg kritis terhadap fenomena ini mencoba mendeskripsikan dan memberi batasan secara positif tentang “kimcil”, mereka yang dianggap kimcil adalah ABG cewek -/+ seumuran anak SMP-SMA yg labil, yg mencoba agar eksistensinya diakui, ini saya anggap positif karena memang umur-umur segitu adalah wajar bagi semua ABG jika mereka labil dan ingin diakui eksistensinya (deskripsi negatif adalah ketika mereka dianggap sbg objek/barang). Lalu jika kelakuan orang2 yg jijik terhadap kimcil adalah sama dengan deskripsi positif ttg kimcil itu sendiri (labil dan pengen diakui eksistensinya) apakah mereka tidak pantas disamakan atau bahkan dipanggil dgn sebutan kimcil?? Menurut saya mereka sangat sah untuk dipanggil kimcil..(tidak semua pria dan wanita mendeskripsikan dan mengartikan “kimcil” secara negatif, dan saya jg mencoba memandang dgn cara positif).

Jika anda adalah wanita yg tidak pengen dipanggil dgn sebutan “kimcil”, maka jgn pernah mendeskripsikan dan mengartikan kimcil secara negatif, deskripsikan dan artikan kimcil itu secara positif, maka anda akan merasa biasa-biasa saja jika ada org yg memanggil atau menyamakan anda dgn kimcil, karena deskripsi dan arti kimcil adalah positif di mata anda.

11 komentar:

  1. hahaha, kimcil lagi kimcil lagi...

    sedikit share, sebelumnya saya pernah mbahas fenomena kimcil ini dua tahun yg lalu melalui media bulletin yg diterbitkan salah satu LSM di Jogja.

    setelah melakukan beberapa investigasi (halah), pada awalnya kimcil merupakan singkatan dari *maaf* kimpet cilik. Namun krn konotasiny yg sgt negatif, byk org yg mnganggap kimcil kpanjangan dari kimpol cilik (betis keci).

    Pertamanya, kimcil adalah sebutan utk gadis ABG yg mnjual keperawananny (sering disebut juga ayam sekolah), namun pada perkembangannya, seperti yg sudah diterangkan di postingan tsb di atas, predikat kimcil diperuntukkan utk para gadis ABG labil ngebet eksis yg sering kita jumpai di acara2 musik dgn gaya seragam dan kerap menguntit para anak band yg bermain di acara tsb (atau crew-nya, fotografernya, sembaranglah yg penting anak gahol :p )

    Saran saya, jika tdk mau disebut kimcil, maka jadilan gadis remaja yg berattitude baik. Eksistensi yg sebenarnya tdk didapat dengan cara semu seperti itu, melainkan melalui karya yg berhasil kita torehkan :D

    maaf jika ada salah kata, keep writting :)

    BalasHapus
  2. ahhaha..saya mulai menggunakan kata itu jg 2 tahun lalu (saya gunakan dgn cara positif), saya sangat ingat sekitar mei 2008, tp tidak pernah membayangkan sesuatu yg negatif..sbg bahan bercanda mlh iya, sebenere tidak ada yg jelas ttg kimcil krn tiap org mengartikannya sendiri

    BalasHapus
  3. UNTUK KIMCIL LEBIH LANJUT NE

    http://videokimcil.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. saya suka dengan pendapat ini hahahaha soalnya pacar adek saya marah2 disebut kimcil, padahal menurut saya ya kimcil itu cuma anak2 smsp-sma cewek yang masih abg.. bukan ada maksud jelek2in.. saya sendiri kalo ada yang ngatain kimcil, malah ketawa2 aja, soalnya masih dianggap muda gituuu... hehehehe
    salam kenal.. :)

    BalasHapus
  5. thx Tyas udah sempet baca coretan saya..hehe, salam kenal :)
    berarti boleh ni saya panggil kimcil? :p
    semoga tulisan saya bermanfaat

    BalasHapus
  6. hhhhhhee ,baru tau aku arti kimcil sekarang ,,,soalnya aku bukan orang jogja jadi ne gag tau ,,sempet aku tanya sama senior di kampus ,,echh aku malah di ketawain n suruh nyari sendiri di mbah google ,,tapi sekarang sudah terjawab rasa penasaran ku :D

    BalasHapus
  7. Bang ijin copas ya
    menarik bnget ini tulisan :)
    Suwun

    BalasHapus
  8. ane 9 tahun di jogja eh malah baru tau skg..parahny malah taunya malah setelah ane dah ga di jogja lg,.ckck,kuper amat yal,hehe..

    BalasHapus
  9. nah tapi kenapa sekarang banyak orang yg menggunakan istilah tersebut ke (hampir semua) gadis abg. padahal kan kurang pas

    BalasHapus